Rabu, 16 Februari 2011

Awas Tertipu Beli Handphone Rekondisi

Tanya

Beberapa waktu lalu banyak diberitakan adanya paket jual handphone baru yang komponen di dalamnya tidak asli (spare parts telah diganti). Padahal kondisi paket jual handphone masih tersegel. Nah, pertanyaan saya, apakah ada cara untuk mengetahui bila membeli handphone dengan kondisi spare part asli atau sebaliknya? Rasanya ini penting agar konsumen paham akan mutu dan kualitas produk yang dibeli. Terima kasih..
Anto Juwono
Sunter – Jakarta Utara






Jawab
Benar, saat ini memang sedang marak beredar ponsel refurbish (handphone terlihat baru, padahal sebenarnya dalam kondisi second, namun casingnya diperbarui, dan aksesoris pendukungnya ditambah). Jika board ponsel bekas dibalut dengan casing baru kemudian dibungkus dengan dus, lengkap dengan buku petunjuk & aksesorinya, maka ponsel rekondisi tersebut siap dijual lagi ke pasaran, layaknya barang baru 100%.

Umumnya, para konsumen tak bisa membedakan mana handphone rekondisi dengan handphone yang baru dari pabrik. Pada akhirnya, konsumen harus lebih mawas dan teliti sebelum membeli, agar tak menyesal karena handphone yang dibeli tak seperti yang diharapkan. Kejujuran sang penjual pun menjadi faktor yang sangat penting. Kardus-kardus merek handphone ternama diperjualbelikan secara bebas oleh beberapa pihak. Barang yang tentu saja palsu ini bisa dibeli seharga Rp 20.000 berikut perlengkapan lainnya. Dan dalam liputan tim Sigi tayangannya SCTV beberapa waktu yang lalu, dikatakan bahwa satu nomor seri IMEI (nomor mesin ponsel) pun bisa diperjualbelikan.

Keberadaan handphone refurbish ini tentu saja membahayakan konsumen karena konsumen akan membayar mahal atas ponsel bekas. Umumnya handphone yang di-refurbish merupakan handphone yang dihentikan produksinya, namun masih tetap laris di pasaran. Jadi, bagaimana caranya supaya kita tidak tertipu ketika hendak membeli handphone? Tentu kita tidak diperbolehkan untuk membuka isi dari si ponsel. Sebagai tips saja, belilah ponsel di counter resmi handphone yang sudah dipercaya / langganan. Juga lihat garansinya, carilah yang bergaransi sparepart maupun servicenya. Dan yang memiliki waktu garansi cukup lama, (Minimal 1 Tahun).Sebab biasanya waktu garansi barang refurbish yang diberikan garansi oleh sang distributor relative sangat singkat waktunya.
Sumber: http://www.selular.co.id

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification