Rabu, 16 Februari 2011

Handphone Sering Hang Saat SMS-an

Tanya


Saya punya handphone Motorola V3i, baru-baru ini sering mengalami hang, kondisi saat sedang dipakai untuk SMS atau sedang membuka menu tiba-tiba handphone jadi diam, lalu ditambah lagi layar mati sebentar, kemudian hidup dan mati kembali. Kondisi ini terus berulang. Kadang sering sulit untuk melakukan telepon dan SMS. Handphone sudah pernah di hard reset di service center. Tapi kenapa masih saja terjadi problem? Mohon pencerahannya. Terima kasih.
Handono Salam
Kutoarjo – Jawa Tengah



Jawab
Kasus restart pada handphone sering ditandai dengan handphone hang (diam) untuk beberapa waktu, mati, lalu menyala lagi. Kerusakan seperti ini kerap disebabkan karena program yang tersimpan dalam IC flash bermasalah, sehingga harus diisi ulang dalam proses flashing. Proses flashing ini berbeda dengan hard reset. Saat handphone di hard reset, sebuah program yang sudah disiapkan oleh operating system dijalankan untuk menghapus data-data serta mengembalikan kondisi pengaturan seperti saat awal, sedangkan ketika handphone di flash ulang, operating system diinstall ulang.

Faktor dari kerusakan hardware juga patut dipertimbangkan, untuk kasus kerusakan pada Motorola V3i, sering kali diakibatkan oleh buruknya koneksi pada bagian baterai serta kartu SIM. Ada baiknya kedua konektor tersebut dibersihkan untuk memastikan koneksi baterai serta SIM card baik adanya.

Gambar- 1. Konektor SIM card


Gambar – 2.  Konektor baterai

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification