Rabu, 16 Februari 2011

Problem Video Call di Handphone

Tanya

Saya kebetulan punya handphone Samsung SGH-J200, baru dipakai selama 5 bulan. Dari hari pertama sampai 3 bulan pemakaian masih normal-normal, yang dimaksud normal saya bisa pakai untuk call dan video call ke sesama nomer IM3 dan juga ke nomer Telkomsel. Lalu di bulan ke 5, tiba-tiba handphone J200 tidak bisa dipakai untuk telepon dan video call ke semua nomer Telkomsel. Saya sendiri menggunakan kartu IM3 dengan setting GPRS yang benar. Bila saya rubah setting ke GPRS IM3 handphone bisa melakukan panggilan telepon ke nomer-nomer Telkomsel, tapi bila saya setting ke jaringan 3G IM3, panggilan ke nomer Telkomsel tak bisa dilakukan. Mohon sekiranya ada tanggapan dari pengasuh rubrik solusi. Kira-kira apa yang terjadi dengan handphone saya? Terima kasih

Nathaniel
Manado – Sulawesi Utara


Jawab
Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan gejala seperti di atas. Pertama, masalah dari operator alias kartu. Ada satu keunikan pada kasus di atas, yakni handphone hanya tidak bisa digunakan ke semua operator telkomsel. Bisa jadi kasus ini disebabkan oleh masalah pada operator/jaringan. Coba dengan cara sederhana ini, ganti kartu lain, dan coba call ke operator yang sama ataupun operator yang berbeda. Dan juga coba kartu yang sama tadi digunakan di handphone yang berbeda. Bagaimana hasilnya?

Kedua adalah masalah handphone. Coba kembalikan ke setelan pabrik terlebih dulu. Bila masih tidak bisa, lakukan upgrade versi ke versi terbaru. Mungkin sekali dengan melakukan upgrade firmware, masalah terselesaikan. Namun bila ternyata belum , kemungkinan terakhir adalah masalah hardware walaupun boleh dibilang kecil kemungkinannya.

Sumber: Majalah SELULAR

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification