Rabu, 16 Februari 2011

Handphone Mati dan Hidup Tiba-Tiba

Tanya

Saya pengguna Sony Ericsson K530i. Beberapa minggu yang lalu ketika saya sedang menelpon tiba-tiba handphone mati dan nyala sendiri. Awalnya saya pikir salah tekan, jadi saya biarkan saja. Esoknya hal itu terjadi lagi ketika saya sedang mengetik SMS. Handphone saya tiba-tiba mati dan nyala sendiri.  Hal itu terus berlanjut sampai sekarang. Kadang dalam keadaan siaga ponsel juga tiba-tiba mati. Saya belum berani membawa ke toko, karena takut biayanya mahal. Terimakasih atas solusinya.

Eko Sri Rahardjo
Kedoya – Jakarta Barat


Jawab
Kasus seperti ini memang sering sekali terjadi pada sebuah handphone. Pada umumnya, pemakai pasti berasumsi ini masalah software semata. Tapi pada kenyataannya, kasus seperti ini 99%  disebabkan oleh masalah hardware. Berbagai kemungkinan bisa menyebabkan masalah ini, seperti rusaknya IC.Ada beberapa IC yang umum bisa menyebabkan gejala seperti di atas: IC CPU alias otak dari si ponsel,  atau IC Flash yang merupakan media penyimpanan data, atau bisa jadi IC RAM yang  adalah IC penyimpanan sementara.

Tapi gejala seperti ini kerap kali juga hanya disebabkan oleh koneksi yang kurang baik antara IC di atas dengan board handphone. 





Sumber : Majalah SELULAR

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification